Skip to main content

Garuda Indonesia, Standar Internasional Harga Lokal

Setelah menghabiskan masa liburan semester di kota kelahiran Saya, Pontianak, pada September 2012 lalu, kami (saya dan istri) kembali ke Bogor untuk melanjutkan aktifitas perkuliahan. Perjalanan kami tempuh menggunakan pesawat dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia, dan disambung dengan bus dari Bandara Soekarno-Hatta langsung ke Bogor. Penerbangan Pontianak-Jakarta tersebut adalah kali pertama saya menggunakan layanan Garuda Indonesia, empat bulan kemudian kami pulang mudik Jakarta - Pontianak juga menggunakan layanan maskapai yang sama.

Pesawat Garuda Indonesia (www.cemaru.com)

Sebelum penerbangan pertama kami dengan Garuda Indonesia, kami telah merasakan bagaimana penerbangan dengan menggunakan maskapai lainnya, karena itu bisa saya katakan Garuda Indonesia memang maskapai penerbangan terbaik di Indonesia yang sangat berkelas. Bahkan tidak berlebihan jika kita katakan bahwa Garuda Indonesia adalah salah satu maskapai penerbangan terbaik di dunia, dan pada kenyataannya memang demikian. Pada tahun 2014 ini Garuda Indonesia menduduki peringkat ketujuh dalam pemeringkatan maskapai penerbangan terbaik dunia yang dibuat oleh Skytrax, berdasarkan survei terhadap 18 juta penumpang pesawat dari 160 negara dan melibatkan 245 maskapai penerbangan dari seluruh dunia. Skytrax juga mengukuhkan Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan dengan kru kabin terbaik di dunia. Sebagai warga negara Indonesia, Saya sangat bangga dengan prestasi yang dicapai oleh Garuda Indonesia yang merupakan salah satu BUMN milik Pemerintah Republik Indonesia.

Tiket Garuda Indonesia mahal?
Kembali ke pengalaman saya terbang bersama Garuda Indonesia. Awal cerita pengalaman tersebut adalah saat saya mencari tiket penerbangan yang relatif murah dari kota tempat tinggal kami, Pontianak. Saya mendatangi beberapa agen perjalanan dan tiket pesawat, menanyakan harga-harga tiket beberapa maskapai penerbangan. Semua maskapai yang melayani penerbangan Pontianak-Jakarta saya tanyakan harganya untuk tanggal yang saya perkirakan menjadi tanggal keberangkatan kami, kecuali Garuda Indonesia. Kenapa saya tidak menanyakan harga tiket Garuda Indonesia? Karena pada saat itu telah terpatri di otak saya bahwa tiket pesawat dari maskapai milik pemerintah ini sangat mahal, pemikiran yang muncul karena terlalu percaya kepada rumor tanpa membuktikan sendiri. Pencarian tiket murah tersebut gagal, Saya menilai harga-harga tiket penerbangan dari berbagai maskapai swasta yang Saya tanyakan relatif mahal.

Hati yang gundah karena tidak dapat tiket yang terjangkau saya obati dengan surfing di internet. Tiba-tiba Saya terpikir, kenapa tidak mencari harga tiket pesawat di internet dan apa salahnya melihat harga tiket Garuda Indonesia yang "katanya mahal" di website resminya. Dan, Voilà! Ternyata harga tiket Garuda Indonesia pada saat itu jauh lebih rendah dari pada harga tiket maskapai lainnya, karena pada saat itu Garuda Indonesia sedang memberikan tiket promonya. Keesokan harinya, pagi-pagi saya berangkat ke kantor perwakilan resmi Garuda Indonesia. Disambut dengan senyum ramah dari mbak-mbak di loket penjualan tiket, saya langsung membeli dua tiket penerbangan Pontianak-Jakarta. Selesai membeli tiket saya langsung pulang dengan hati berbunga-bunga karena mendapatkan Tiket Pesawat Murah dari Garuda Indonesia.

Mungkin ada yang mengatakan, "Tapi itukan tiket promo, tentu harganya lebih murah!" Memang itu tiket promo, tapi perlu diketahui bahwa Garuda Indonesia sering sekali menawarkan tiket promo. Mungkin banyak diantara kita yang tidak tahu tentang banyaknya Tiket Pesawat Murah dari Garuda Indonesia tersebut, Saya sendiri dulunya juga demikian. Hingga setelah saya mendapatkan tiket murah tersebut saya menjadi lebih sering melihat-lihat website resmi Garuda Indonesia, ternyata Garuda Indonesia memang banyak sekali menawarkan Tiket Pesawat Murah. Informasi tentang tiket pesawat murah dari Garuda Indonesia juga sering saya dari seorang teman yang sering melakukan perjalanan dinas dengan Garuda Indonesia, bahkan teman saya mengatakan bahwa kita bisa saja mendapatkan Tiket Pesawat Murah tanpa diduga dan tanpa pengumuman terlebih dahulu.

Mungkin ada juga yang mengatakan, "Murah sih, tapi tetap saja itu tiket promo!"
Bicara tentang mahal atau murah adalah bicara tentang sesuatu yang relatif, namun dengan layanan yang sangat profesional dan berstandar internasional, harga tiket Garuda Indonesia menurut saya termasuk relatif murah. Garuda Indonesia memiliki standar pelayanan dan keamanan yang sangat tinggi. Standar pelayanan dan keselamatan inilah yang menjadi basis penentuan harga tiket pesawat Garuda Indonesia, namun demikian harga yang ditawarkan relatif terjangkau bagi rakyat Indonesia. Sebagai Maskapai Terbaik Indonesia dan salah satu maskapai terbaik dunia, Garuda Indonesia tentu menggunakan standar internasional dalam setiap aspek pelayanannya, namun maskapai kebanggaan masyarakat Indonesia ini memberikan harga lokal yang terjangkau bagi rakyat Indonesia.

Lebih lanjut, bicara tentang mahal atau murah, tentu kita harus punya pembanding. Bagi Anda yang sering menggunakan layanan penerbangan, tentunya banyak tahu tentang harga-harga tiket pesawat pada umumnya dan tentu saja tahu mana yang relatif murah. Kalaupun tidak sering terbang, Anda tetap bisa tahu dengan sering-sering memperhatikan website-website maskapai penerbangan di Indonesia, seperti saya. Berdasarkan hasil pengamatan pribadi, saya menyimpulkan bahwa harga-harga tiket pesawat tersebut ternyata tidak terlalu jauh berbeda, termasuk tiket dari Garuda Indonesia. Namun dengan selisih harga yang tidak terlalu besar, Anda akan mendapatkan pengalaman terbang yang jauh lebih nyaman dan dengan tingkat keamanan yang tinggi dengan Garuda Indonesia. Dengan memperhatikan harga-harga dari website-website tersebut, Anda juga dapat mengetahui bahwa harga tiket Garuda Indonesia relatif stabil sepanjang waktu. Harga tiket yang stabil menurut saya menegaskan bahwa harga tersebut sesuai dengan standar pelayanan Garuda Indonesia, bukan harga yang naik tinggi tiba-tiba karena waktu keberangkatan yang semakin dekat.

Di Bandara Keberangkatan
Hari keberangkatan kami pun tiba, kami berangkat dari rumah di kota Pontianaka ke bandara dengan menyewa mobil. Mengingat waktu yang semakin dekat, setelah sampai di bandara saya bergegas masuk kedalam terminal keberangkatan, dan langsung check in. Jika Anda menggunakan layanan penerbangan Garuda Indonesia, terlambat adalah sesuatu yang sangat-sangat harus Anda hindari, karena ketepatan waktu adalah salah satu alasan kenapa banyak orang menggunakan Garuda Indonesia. Perusahaan penerbangan ini sangat menjaga kualitas pelayanannya dengan menjaga ketepatan waktu keberangkatan setiap saat.

Bersamaan dengan proses check in, seperti biasa barang bawaan di timbang sebelum dimasukkan ke bagasi. Namun ada perlakuan yang berbeda terhadap barang bawaan kami, maksudnya berbeda dengan layanan dari maskapai lain. Barang bawaan kami diikat dengan tali kuning, tali yang tipis namun sangat kuat. Saya merasa seperti orang "katrok," karena baru kali itu barang bawaan saya diikat tali. Kenapa diikat? Ikatan tali kuning tersebut merupakan bagian dari standar layanan Garuda Indonesia, jadi kita tidak perlu membayar lagi. Menurut saya (dengan sangat yakin), ikatan tersebut berguna sebagai pengamanan barang-barang kita dari kemungkinan di buka oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sejujurnya, saya terkesima dan merasa sangat dihargai sebagai pengguna jasa Garuda Indonesia. Mungkin hal yang kecil, tapi pelayanan ini sangat berarti.

Maskapai dengan Kru Kabin Terbaik di Dunia
Sampai di pintu masuk pesawat, kami langsung disambut keramahan dan senyum menawan beberapa pramugari. Beberapa pramugari lain membantu beberapa penumpang menemukan tempat duduknya, termasuk saya dan istri. Sebelumnya, keramahan dan layanan semacam ini hanya bisa saya lihat di restoran-restoran mewah dalam film-film Hollywood. Sebelum take off pramugari memberikan permen yang pada bungkusnya terdapat logo Garuda Indonesia. Menurut info dari teman seperjalanan saya (istri), mengunyah permen dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat perubahan tekanan tiba-tiba pada saat pesawat lepas landas. Jadi langsung saja permen tersebut saya nikmati.

Seiring pesawat mulai bergerak, seperti umumnya pada setiap penerbangan, awak kapal memperagakan prosedur-prosedur penyelamatan diri dalam keadaan tidak terduga dalam penerbangan. Saya mencoba mendengar seksama panduan keselamatan tersebut, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Menurut saya penyampaiannya dalam Bahasa Inggris sangat fasih, bahkan lebih baik dari pramugari salah satu maskapai penerbangan milik negara tetangga yang pernah Saya tumpangi. Namun, Garuda Indonesia memiliki pramugari yang tidak hanya fasih berbahasa Inggris, tapi mereka juga berpenampilan lebih anggun. Jika ada negara tetangga yang menyebut dirinya sebagai The Truly Asia, maka saat penumpang melihat pramugari Garuda Indonesia, mereka akan mengakui bahwa "Indonesia is The Beauty of Asia." Pramugari Garuda Indonesia tidak hanya memiliki penguasaan skil yang sangat baik, tetapi juga memiliki penampilan yang anggun dan menawan.

Pramugari Garuda Indonesia
Lepas landas dan pendaratan adalah fase yang paling kritis dalam sebuah penerbangan, keterampilan pilot sangat dibutuhkan pada fase ini. Tapi bagaimana kita bisa menilai keterampilan dan profesionalitas pilot yang menerbangkan pesawat yang kita tumpangi? Sebagai orang awam, menurut saya cara yang relatif paling mudah tentu saja adalah dengan menghayati proses lepas landas dan pendaratan pesawat. Menurut saya halus tidaknya kedua fase tersebut dapat menunjukkan seberapa tinggi jam terbang pilot, jam terbang pilot yang tinggi dapat menjadi salah satu indikator keamanan penerbangan yang kita jalani. Dua kali saya terbang dengan Garuda Indonesia, dua kali itu pula saya rasakan lepas landas yang relatif sangat halus dan pendaratan yang relatif sangat lembut. Jadi, predikat sebagai Maskapai Terbaik Indonesia dan salah satu maskapai terbaik dunia serta kru kabin peringkat satu terbaik dunia dari Skytrax memang pantas di sandang Garuda Indonesia.

Kuliner di langit Indonesia
Menurut saya, kuliner adalah layanan paling istimewa yang diberikan Garuda Indonesia kepada penumpangnya. Keseriusan dan perhatian Garuda Indonesia dalam menyajikan kuliner menunjukkan keseriusan mereka dalam memberikan pelayanan terbaik. Hal ini juga menunjukkan pemahaman Garuda Indonesia terhadap kultur masyarakat Indonesia yang sangat kental dengan budaya kuliner. Masyarakat Indonesia memang memiliki budaya kuliner yang sangat kuat, buktinya adalah banyaknya makanan tradisional yang ada di negara ini. Penyajian makanan khas Indonesia di layanan Garuda Indonesia juga bisa menjadi salah satu media untuk memperkenalkan kuliner khas Indonesia.

Kali pertama naik Garuda Indonesia, saya tidak menyangka akan mendapatkan layanan sajian makan berat. Bihun goreng dan sosis yang disajikan saat itu sangat memanjakan lidah dan perut saya, beberapa potong buah segar yang disajikan menjadi pencuci mulut kami setelah makan bihun. Untuk minum, kita bisa memilih berbagai jenis minuman yang disajikan. Air mineral, teh, kopi, hingga berbagai jenis jus buah. Kita boleh meminta minuman yang mana saja, dua atau tiga minuman pun tidak masalah (pengalaman pribadi). Bahkan jika kita ingin merasakan semua minumannya pun mungkin tidak akan dilarang, tapi sebaiknya jangan. Kecuali Anda tidak khawatir kembung dan mondar-mandir ke kamar kecil. Satu lagi layanan yang akan kita dapatkan saat terbang bersama Garuda Indonesia, yaitu bahan bacaan berupa koran harian. Tidak hanya satu penerbit, seingat saya mungkin 4 atau lima penerbit koran nasional. Kita bisa meminta satu atau lebih untuk dibaca selama penerbangan, semua koran itu gratis. Selain koran, kita juga bisa membaca majalah Garuda Indonesia yang banyak mengulas destinasi-destinasi wisata di Indonesia. Jika Anda mengambil kelas bisnis, akan lebih banyak hiburan yang bisa dirasakan saat terbang bersama Garuda Indonesia. Saya sendiri belum merasakannya, mudah-mudahan suatu saat nanti.

Kuliner di Langit Indonesia
Konsep Layanan Garuda Indonesia
Kali kedua kedua terbang bersama Garuda Indonesia saat pulang ke Pontianak, kami mendapatkan suguhan kuliner yang berbeda dengan sebelumnya. Penerbangan kali ini kami disuguhi daging ayam bakar dengan kuah sate dan lontong, dengan puding sebagai pencuci mulut. Kali kedua, tetap meninggalkan kesan yang sangat menyenangkan. Apa yang menjadi Konsep Layanan oleh Garuda Indonesia benar-benar diterapkan dalam setiap penerbangannya.

Apa yang dimaksud dengan konsep layanan dari Garuda Indonesia? 
Pada tahun 2009 Garuda Indonesia  memperkenalkan konsep layanan baru yang disebut sebagai Garuda Indonesia Experience, konsep ini mengandalkan karakter keramahtamahan Indonesia dalam pelayanannya kepada penumpang. Dengan konsep ini Garuda Indonesia ingin memperkenalkan keramahan Indonesia kepada khalayak dunia.

Konsep Garuda Indonesia Experience dikembangkan berdasarkan  panca indra manusia atau “5 senses”, secara ringkas, konsep ini dapat jelaskan sebagai berikut:
Sight, Setelah masuk kedalam pesawat, penumpang akan dimanjakan dengan warna-warna cerah yang hangat dan berkesan ramah pada desain interior dan seragam yang digunakan oleh awak pesawat.
Sound, Konsep sound dapat dinikmati penumpang dalam bentuk perangkat hiburan mutakhir yang terdapat di dalam pesawat.
Scent, Untuk memanjakan kenyamanan penumpang Garuda Indonesia menciptakan keharuman aromatis secara eksklusif. Keharuman ini merupakan perpaduan aromatis dari minyak sari yang dihasilkan oleh tumbuhan dan rempah-rempah asli Indonesia seperti cengkeh dan pala, demi menciptakan aroma yang menyegarkan sekaligus menenangkan.
Taste, Seperti saya sampaikan sebelumnya, lidah penumpang akan sangat dimanjakan saat terbang bersama Garuda Indonesia. Dengan konsep ini Garuda Indonesia ingin memperkenalkan Indonesia yang berabad-abad lalu sudah dikenal sebagai surga rempah-rempah dan buah-buahan tropis, dan sangat kaya dengan beragam kuliner. 
Touch, Keramahtamahan khas Indonesia telah cukup dikenal, dan menjadikan negara kepulauan ini salah satu tujuan favorit di dunia. Dengan konsep Garuda Indonesia Experience, Garuda Indonesia memberikan layanan tulus dan bersahabat yang menjadi ciri keramahtamahan Indonesia mulai dari saat reservasi penerbangan hingga tiba di bandara tujuan.

Sampai di bandara tujuan
Setelah menikmati penerbangan bersama Garuda Indonesia selama lebih kurang 1 jam 25 menit dengan layanan yang sangat memanjakan, kami mendarat di bandara internasional Soekarno-Hatta Alhamdulillah dengan selamat. Dengan lancar jaya kami mengambil barang kami di tempat pengambilan bagasi, lalu melanjutkan perjalanan menuju Bogor dan kembali ke kesibukan kuliah saya.

Rute Penerbangan Baru
Saat ini saya sudah menyelesaikan studi Saya di Bogor, tapi kami masih belum pulang ke Pontianak karena masih ada beberapa hal yang masih harus kami lakukan. Rasanya sudah tidak sabar sekali untuk pulang dan ikut membangun kampung halaman bersama teman-teman yang sudah lebih dulu menyelesaikan studi mereka di berbagai tempat lain. 

Berhubung waktu pulang memang sudah dekat, saya mencoba melihat harga tiket pesawat Garuda Indonesia pada waktu yang saya perkirakan akan menjadi tanggal keberangkatan (kami belum menetapkan tanggal kepulangan kami). Berdasarkan hasil pencarian tiket yang saya lakukan terhadap beberapa maskapai, terbukti bahwa harga tiket Garuda Indonesia sangat mahal adalah tidak benar. Kecuali  jika kita menganggap perbedaan beberapa puluh ribu dengan maskapai lain itu sangat signifikan, sementara pelayanan yang diberikan Garuda Indonesia sangat istimewa. Bahkan bukan hal yang aneh jika Garuda Indonesia menawarkan harga tiket pesawat yang lebih murah daripada maskapai penerbangan.

Karena saya juga senang traveling (walaupun jarang), saya sering melihat penawaran tiket promosi yang relatif sangat murah pada laman web Garuda Indonesia. Pada saat melihat bagian promo ini saya agak terkejut, karena ternyata Garuda Indonesia saat ini telah membuka rute penerbangan antar kota di Pulau Kalimantan.  Pembukaan jalur penerbangan ini akan sangat membantu arus orang dan ekonomi menjadi lebih cepat dan dinamis di kota-kota di Kalimantan.

Sebelumnya penumpang dari beberapa kota di Kalimantan yang hendak ke provinsi-provinsi tetangganya sepulau harus terbang dulu ke Jakarta. Namun setelah Garuda Indonesia Hub Kalimantan di Balikpapan resmi melayani rute perbangan antar kota-kota di Kalimantan, maka penerbangan intra – Kalimantan dapat dilakukan secara cepat dan efisien sehingga dapat mendukung dan mendorong peningkatan perdagangan dan perekonomian antar kota – kota tersebut. Rute penerbangan antar kota tersebut  menghubungkan sekaligus empat kota di Kalimantan yaitu Balikpapan- Palangkaraya- Pontianak dan Putusibau pp. 

Penerbangan Garuda Indonesia antar empat kota besar di Kalimantan beroperasi setiap hari menggunakan pesawat ATR 72-600 “Explore” dengan kapasitas kursi sebanyak 70 kursi kelas ekonomi. Untuk penduduk Pulau Kalimantan, layanan penerbangan ini tentu akan sangat membantu. Saya sendiri sudah sejak lama ingin berkunjung ke Berau yang sangat terkenal keindahan laut dan pantainya. Dengan adanya layanan rute penerbangan Pontianak - Balikpapan tentu akan menghemat waktu dan biaya perjalanan.

Demikianlah sedikit cerita dari saya tentang terbang bersama Garuda Indonesia, terbang dengan perasaan senang karena kemurahan dan keramahan layanannya dan tenang karena keamanannya. Sedikit tips dari saya, jika Anda ingin menikmati layanan Garuda Indonesia dengan harga yang benar-benar murah rencanakan perjalanan Anda dari jauh hari, rajin-rajinlah mengecek jadwal penerbangan dan penawaran tiket di website resmi Garuda Indonesia. Garuda Indonesia sering memberikan penawaran tiket promo dan potongan harga. Jika Anda aktif di online social media, Anda dapat mengikuti twitter Garuda Indonesia @IndonesiaGaruda.

Akhir kata, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian dan semoga Garuda Indonesia dapat terus meningkatkan pelayanannya sehingga dapat mejadi maskapai penerbangan terbaik di dunia. Aamiin.

Comments

  1. Garuda memang maskapai terbaik. gak rugi naik peswat ini. Betah dan bikin hati bahagia. Aku suka tulisanmu, mas. Dan, aku ngejaoin tulisanmu tuk menjadi salah satu pemenang di lomba ini. Meski panjang, tapi enak ngebacanya. Asiknya ya dpt foto pramugari Garuda dan kulineran diatas udara. Itu nyelfie yak..? hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, penumpang yang sudah naik Garuda Indonesia tidak akan meragukan kualitasnya, untuk bepergian jauh, GI seharusnya menjadi prioritas jika ingin terbang dengan aman dan nyaman. Tambah dengan kulinernya yang maknyus... sedap...
      Aamiin, makasih banyak mbak, semoga menang... :D Aamiin...
      Sebenarnya mau ambil foto semua pramugarinya, tapi... hehe...
      fotonya diambilin sama nyonya... :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Horor Kampus IPB Baranangsiang

Kota Bogor memiliki banyak objek wisata yang menarik, salah satunya adalah bangunan kampus IPB Dramaga yang berada di tengah-tengah kota bogor, seberang jalan Kebun Raya Bogor. Sebagian area kampus ini sekarang telah menjadi bangunan yang kita kenal sebagai Mall Botani Square, Alhamdulillah pemerintah kota Bogor bersama pejabat-pejabat di Institut Pertanian Bogor telah menetapkan bangunan Kampus IPB Baranangsiang tersebut sebagai sebuah situs cagar budaya. Kampus IPB Baranangsiang tampak depan Sebagai salah satu bangunan tertua di kota Bogor, kampus IPB Baranangsiang memiliki banyak kisah Urban Legend. Beberapa yang paling terkenal adalah kisah tentang dosen misterius dan elevator tua. Kisah tentang dosen misterius saya dengar dari salah satu teman  sekelas saya di Pascasarjana ARL, beliau mendapatkan cerita itu dari seorang kakak tingkatnya. Jadi saya juga tidak mendapatkan langsung dari yang mengalaminya sendiri. Menurut cerita teman saya tersebut, pada suatu malam (kuliah

Serakalan - Budaya Masyarakat Melayu Sambas

Bagi masyarakat Sambas, Serakalan adalah kata yang sangat familiar. Serakalan adalah salah satu bagian dari kebudayaan masyarakat Sambas, namun juga dikenal oleh beberapa masyarakat Islam lain di Indonesia. Kebudayaan ini masuk bersamaan dengan kedatangan Islam ke Indonesia. Beberapa waktu yang lalu dalam kunjungan saya ke Sambas sempat mengikuti acara Serakalan yang dilakukan di rumah salah satu keluarga jauh. Berada di tengah-tengah acara Serakalan tersebut benar-benar pengalaman baru bagi saya. Bersyukur juga budaya melayu ini masih dipertahankan masyarakat Sambas. Pada awalnya Serakalan merupakan wujud ekspresi ta’dzim yang berhubungan dengan peristiwa kedatangan Rasulullah hijrah di Madinah. Serakalan berisi syair-syair Pujian kepada Allah dan Rasul-Nya. Dalam istilah lain, ritual ini dapat pula disebut dengan Marhabanan atau “debaan” (Maulid Ad-Diba’iy). Pembaca Serekalan - Sambas Serakalan telah berkembang dikalangan masyarakat Sambas dan dikemas sedemikian rupa sehingga

Tips Submit Artikel di Vivalog agar di Approve

Sudah bebeberapa artikel saya submit di vivalog , sudah beberapa kali malah, tapi tidak satu pun yang masuk dan di publish di sana. Rasanya agak frustasi juga (yang ringan saja), karena agak bertanya-tanya apa yang salah dari artikel saya. Saya pun mencari-cari apa yang salah dengan artikel yang saya submit di beberapa blog melalui google. Akhirnya karena tidak juga menemukan jawaban yang memuaskan saya melepas i-frame dari vivalog karena merasa ada ketidakadilan. Sementara saya memasang frame di blog saya, vivalog tidak menerima satupun artikel yang saya submit. Kemarin, saya mencoba kembali submit artikel di vivalog , Alhamdulillah, saya sangat bersyukur ternyata kali kemarin artikel saya bisa di approve dan di publish di vivalog. Bahkan langsung menjadi salah satu artikel populer, dan seperti penjelasan di banyak blog lainnya, visitor saya langsung meroket hingga sepuluh kali lipat. Rasanya jadi terbayar sekali saya membuat atau menyadur artikel di blog saya . Saya kemu